Senin, 15 September 2008

Review Buku Jualan Ide Segar

Review oleh: Ilhamdi (http://andikobe.blogdetik.com)

Penerbit : Galang press
Halaman : 206 halaman

Ada hal yang menarik tentang sebuah ide, ide selalu dibayar mahal dan terlalu mahal untuk dihargai adalah diantaranya. Dan penulis memang lebih condong pada dua hal tersebut. Bagaimana memulai sebuah ide yang segar, kreatif dan selalu teringat buat orang lain? Disinilah M. Arief Budiman,S.Sn mengemukakan pendapatnya tentang bagaimana arti sebuah ide. Ide yang dapat diterapkan dimana saja, baik untuk kita sendiri atau pun hal lain yang berada di sekitar kita.

M. Arief Budiman S.Sn adalah lulusan ISI pada tahun 1999, memulai karir “ iklannya” dengan meracang desain bersama-sama temannya dan akhirnya tempat merancang idenya itu berbuah manis dengen kehadiran Petakumpet, sebuah agency yang tumbuh dengen ide-ide baru serta berhasil memenangkan banyak award untuk beberapa kategori iklan. Sekarang M. Arief Budiman dipercaya sebagai Creative Director Petakumpet dan Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia cabang Yogyakarta. Berbagai ide dituangkannya dalam buku bertajuk “jualan ide segar”. Pengalamannya memulai karir dari bawah memang terasa.

Buku ini sendiri bercerita bagaimana memberikan motivasi dan arahan tentang bagaimana menjual ide, bagaimana mempersiapkan ide dan menghasilkan ide menjadi sesuatu yang begitu sangat dihargai. Arief bercerita mulai dari dia bersama-sama teman-temannya membangun karir di Diskomvis ISI Yogyakarta ,hingga menyusun planning apa saja yang harus dilakukan sehingga terjadilah Petakumpet. Arief mengajarkan kepada kita bagaimana membentuk awal sebuah bisnis, memotivasi diri kita sendiri dan dari semua itu mampu menghasilkan hasil yang berupa materil atau pun immateriil.

Terlepas dari banyaknya buku yang bercerita tentang membangun sebuah bisnis atau motivasi diri, buku ini mengajak kita berkaca pada bisnis periklanan, mencoba menggambarkan arti sebuah ide dan juga membangun Yogyakarta, bahwa Yogyakarta bukan hanya tempat mencari ilmu tapi juga mampu menghasilkan ilmu.

Akhir kata buku ini patut dijadikan referensi bagi kita yang ingin berkreatifitas tanpa batas tapi tetap saja dengen nilai-nilai positif yang tertuang sesuai dengen budaya Yogyakarta.

Tidak ada komentar: