Minggu, 28 September 2008

Dari The Punkdhut

Gue selalu suka membaca dan sebisa mungkin menyisihkan anggaran buat hal yang satu ini. Baca apa saja? Sekarang sih lebih suka yang berkaitan dengan kerjaan gue, yaitu periklanan dan desain grafis. Dan terbukti dari iseng-iseng membeli buku, kerjaan jadi tambah lancar! Kemaren gue beli bukunya M. Arief Budiman, "Jualan Ide Segar" dan buku "Layout: Dasar dan Penerapannya" karangan Surianto Rustan.

Terus terang gue agak memaksakan diri waktu beli dua buku itu di Gramedia, karena kondisi kantong lagi cekak. Tapi apa daya, keduanya keliatan terlalu menarik untuk dilewatkan.

Buku "Jualan Ide Segar", yang bercerita tentang sepak terjang biro iklan Jogja, Petakumpet, cukup berguna buat referensi kampanye salah satu klien kantor gue yang akan membidik pasar daerah (baca: kota-kota selain Jakarta). Copywriter gue juga merasa ter-inspired dan menggunakannya sebagai acuan untuk menulis naskah.

Kemudian buku "Layout: Dasar dan Penerapannya" mengandung beberapa teori yang sebenernya gue udah tau, cuma sering kelupaan. Salah satunya adalah soal elemen2 layout, mana yang perlu ditonjolkan dan mana yang tidak, flow membaca, dll. Sangat berguna dalam membuat desain yang nggak cuma indah tapi juga efektif.

Tulisan dikutip dari sini

Tidak ada komentar: