Jumat, 12 September 2008

Mandiri Dengan Kreativitas


Judul: Jualan Ide Kreatif
Penulis: M. Arief Budiman
Penerbit Galang Press
Cetakan Pertama, 2008
Tebal : 206 Halaman

Penuh pencerahan dan motivasi! Buku ini hendak membongkar cara berpikir mapan yang telah memperangkap hidup kita selama ini. Membongkar dan menghapusnya dari ruang nalar kita yang telah kabur karenanya.
Penulis buku belum pernah menggunakan ijazah untuk mendapat pekerjaan. Yang terjadi adalah, sekumpulan teman kuliah mendirikan Petakumpet! Sebuah wadah kreatif yang terus bermimpi dan merealisasi mimpi. Seterusnya wadah ini menjadi perusahaan perseroan terbatas. Dunia kreatif memang dunia gila. Keluar dari konvensi budaya hidup yang jumud. Tetapi tokoh dunia yang dikenang, pasti memiliki hal seperti ini. Dimana tidak pernah berhenti merealisasi ide-ide yang melintas. Sebutlah! Siapa pun dia, Enstein sampai Bill Gates!
Hari-hari kita dari pagi ke pagi, dijejali oleh iklan produk. Masuk ke ruang privat dan menguasai ruang umum. Kadang tanpa disadari siapa yang telah ‘bermain’ di belakang hal tersebut. Nah, Petakumpet adalah pemain yang menguber ide kreatif di sekeliling kita untuk membuat iklan-iklan. Bahasa kerennya adalah creative design. Buku ini mengisahkan sukses yang sudah teraih dan cara yang unik! Tanpa modal tapi meraup untuk miliaran rupiah. Luar biasa. Seterusnya mengupas perjalanan dan merajut mimpi-mimpi.
Terdiri dari mahasiswa alumnus Diskomvis, mimpi itu dijajal. Berangkat dari idealisme dan meramu cogito ergo sum, milik Rene Descartes. Desain grafis iklan indonesia memang berkembang tetapi masih juga digugat tentang orisinalitas. Jati diri bangsa dan dimana kekuatan untuk mendapat penghargaan tingkat dunia. Inilah mimpi orang muda dari Petakumpet. Sebuah perusahaan kecil yang bermimpi jadi raksasa. Pada tahun 2020 nanti jadi cover story majalah Fortune. Dikupas tuntas pada buku ini, Membangun Bisnis Ide, Menengok Isi Dapur, Menggali Ide Kreatif, Jatuh Bangun Mengejar Mimpi, Serba-serbi Bisnis Ide dan Membangun Masyarakat Kreatif.
Patutlah salah satu awak terbaik Petakumpet menceritakan kesuksesan menjajal, bersaing mendapatkan tempat terbaik dalam dunia kreatif. Lihatlah 76 penghargaan telah diraih. Dan tetap akan meneroka jalan mendapatkan penghargaan tingkat dunia. Ide bernas memang tidak kemana jika keakraban atas pemahaman yang diminta klien. Membuat iklan yang menarik dan sukses menjadi reminder, seutas pesan yang fokus tersampaikan, melekat di kepala pembaca, pendengar, maupun pemirsa memerlukan visi.
Visi yang penuh pencerahan. Petakumpet memilikinya. Kita patut belajar. Sungguh inspiratif! Bagi mereka yang mau menyelami dunia kreatif membaca buku ini sungguh sebuah kewajiban. Karena ada banyak hal, selain kata-kata dari Bill Gates dari Microsoft dan Steve Jobs dari Apple yang memberi menjadi gagasan baru tak terbendung. [abdullah khusairi]

Review dikutip dari sini

Tidak ada komentar: