Sabtu, 25 Oktober 2008

Sekeping DVD bisa Laku Rp 188 Juta!

Negeri ini membutuhkan banyak anak muda seperti Arief Budiman yang dengan Petakumpet-nya dan web-nya jualanidesegar.com bisa memotivasi banyak orang.

Bahwa ide bisa menghasilkan uang juga sudah dipraktekkan M. Arief Budiman, anak muda lulusan Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang buka usaha desain grafis, advertising “Petakumpet” di Yogyakarta. Berangkat dari nol hanya bermodalkan ide, omset bisnisnya kini mencapai miliaran rupiah.

Dalam bukunya, “Jualan Ide Segar” yang saya beli dalam Bursa Buku Gramedia di WTC Serpong kemarin (Kamis 23 Oktober 2008), dia mengungkapkan secara panjang lebar “riwayat hidupnya” yang mencari uang hanya mengandalkan ide. Disebutkan dalam buku ini, dia berhasil menjual sekeping DVD Rp 4.500 seharga Rp 188.000.000 setelah diisi materi creative artworks promosi launching Star One untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Benar, kliennya Star One membeli DVD yang telah berisi ide itu Rp 188.000.000. Itu berarti keuntungannya 41.777,8%, padahal modalnya cuma Rp 4.500. “Anda pasti bisa jika Anda mau,” tantang Arief Budiman.

Itulah kekuatan ide. Arief Budiman kemudian memberikan contoh desain logo yang disebutnya “jualannya sama, harga semaunya.” Bayangkan, mikirnya sama, cara mencari ide juga sama, cara mendesainnya sama, creative output-nya tidak jauh beda dengan yang lain. Ajaibnya, kata dia, harganya bisa selisih bagaikan langit dan bumi. Misalnya, desain logo Alma Ata harganya Rp 150.000,- (dibuat oleh Petakumpet), logo Bale Agung Rp 15.000.000,- (Petakumpet), tapi logo Pertamina? Landor Associates mematok harga dan diiyakan oleh Pertamina senilai Rp 3.000.000.000,-!

Tulisan Mas Gantyo Koespradono ini dikutip dari sini

Tidak ada komentar: